Kamis, 24 Maret 2011

Fatamorgana



Fatamorgana adalah salah satu kejadian alam yang sering kita lihat di jalan – jalan aspal ketika hari sedang panas. Ketika kita melihat lurus ke depan jalan, terlihat bayangan seperti genangan air. Itulah fatamorgana. Namun sebenarnya, itu bukan merupakan bayangan genangan air. Jika kita amati lebih teliti, akan nampak kalau bayangan itu adalah bayangan benda – benda yang berada di atas jalan aspal tersebut. Nah, pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai fenomena fatamorgana jika dibahas secara keilmuan khususnya fisika.

Fatamorgana muncul atau nampak ketika terjadi perbedaan temperatur udara pada suatu daerah, dalam kasus ini adalah udara di atas aspal jalan, yang menyebabkan sinar matahari yang terpantulkan oleh benda alias sinar bayangan benda yang harusnya bergerak lurus akan terbelok dan melewati jalan yang tidak seharusnya sampai menuju mata kita.

Ketika siang hari, ketika terik matahari lagi panas – panasnya menyinari permukaan bumi khususnya aspal jalan. Daerah udara di atas aspal jalan akan terjadi perbedaan temperature yang bergantung pada ketinggian udara tersebut. Udara yang lebih dekat dengan aspal lebih panas daripada udara yang berada di atasnya dan begitu seterusnya untuk udara yang berada di atasnya lagi.



Ketika sinar matahari jatuh ke bawah menuju permukaan bumi, sinar matahari melewati udara yang lebih panas dan lebih panas. Sehingga sinar akan dibelokkan menjauhi garis vertikal, sehingga sinar yang awalnya jatuhnya agak vertikal menjadi agak horizontal sampai horizontal dan akhirnya kembali terbelokkan ke atas. Ketika sinar bergerak ke atas, pergerakannya kebalikan dari ketika sinar bergerak ke bawah. Pada saat ke atas, sinar akan melewati udara yang lebih dingin dan lebih dingin sehingga sinarnya akan terbelok mendekat garis vertikal hingga akhirnya sinar dari bayangan benda akan sampai ke mata kita. Ini menyebabkan kita akan seolah – olah melihat bayangan benda di atas aspal, berada di bawahnya. Sehingga seolah – olah tercipta bayangan yang tercipta di atas aspal dan berada di bawah benda.

Kenapa fatamorgana seolah – olah seperti genangan air dan bergoyang – goyang? Ini disebabkan karena perubahan suhu udara di atas aspal yang tidak konstan sehingga pembelokkan sinar juga tidak teratur. Inilah yang menyebabkan fenomena fatamorgana terjadi.


sumber: http://raf1816phyboy.blogspot.com/2011/02/fatamorgana-mirages.html



0 komentar:

Posting Komentar