Jumat, 04 Maret 2011

kring kring goess goooessss



Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yg digerakkan kaki untuk menjalankannya. sepeda lebih dipilih dibandingkan mobil karena selain harganya murah dan bentuknya fleksibel, sepeda memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita.




Bersepeda secara teratur dapat membantu menghindari dan mengontrol banyak jenis penyakit, seperti obesitas, kelainan jantung dan radang sendi. Olah raga yang “low impact” ini (tidak rawan cedera), merupakan cara yang “hemat energi” untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, karena untuk menempuh jarak satu kilometer, memerlukan energi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan berjalan kaki. Mungkin hal itulah yang menjadikannya sebagai alat transportasi yang paling populer, diperkirakan setiap hari satu milyar orang mengendarainya di seluruh dunia.

“Menggoes” ke tempat kerja (bike to work) atau ke warung sekalipun, merupakan cara yang paling hemat waktu untuk melakukan olah raga secara rutin. “Dosis harian” olah raga Anda akan terpenuhi tanpa harus menghabiskan banyak waktu di tempat fitness (gymnasium).

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Mengayuh sepeda biasa atau statis, merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran, pada saat yang bersamaan sistem persendian Anda pun akan menjadi lebih lentur. Olah raga ini memberikan pilihan beban dan tingkat kesulitan yang berbeda sehingga daya tahan yang dibutuhkanpun berbeda-beda, dari yang dikayuh secara perlahan hingga balapan dengan kecepatan yang sangat tinggi (sprint). Oleh karena itu setiap orang dari tingkatan umur dan kebugaran yang berbeda, bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan yang sangat menyenangkan ini, terutama apabila dilakukan bersama teman dan keluarga Anda.


Manfaat Bersepeda Secara Teratur

Tubuh manusia didesain untuk bergerak. Riset membuktikan bahwa berolah raga secara rutin selama 30 menit dalam satu hari memberikan banyak manfaat, walaupun waktu yang 30 menit itu terbagi ke dalam dua atau tiga sesi yang berbeda.

Jika Anda berusia di atas 40 tahun, mengalami kelebihan berat badan atau tidak pernah berolah raga secara teratur dalam jangka waktu yang lama, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum memulai program latihan Anda.

Secara garis besar, berikut ini adalah manfaat yang akan didapat bila Anda “mengayuh” secara teratur.

  • Meningkatkan kualitas system cardiovascular (yang berhubungan dengan jantung dan system peredaran darah).
  • Meningkatkan kekuatan dan fleksibelitas otot.
  • Meningkatkan mobilitas sistem persendian.
  • Menurunkan tingkat stress.
  • Membantu dalam pembentukan postur tubuh.
  • Menguatkan tulang
  • Menurunkan tingkat kegemukan.
sumber: http://jarambah.com/2010/04/15/manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan/


0 komentar:

Posting Komentar